Thursday, May 14, 2015

RIBUAN WARGA ANTUSIAS IKUTI SOSIALISASI MASSAL PLPBK DI KOTA BANDAR LAMPUNG



Fenomena dalam potret ini nampak jelas dalam pandangan kita, manakala secara langsung ribuan orang yangberambisi terhadap kehidupan dunia untuk berbuat apa yang harus dilakukan untuk dirinya dan keluarganya untuk lebih baik menjadi hak asasi semua umat manusia, kehadiran ribuan warga Kelurahan Way Lunik bagaikan ombak lautan manusia, lebih dari 4.000 (empat ribu) jiwa menjadi salah satu bukti cerminan bahwa warga Kelurahan Way Lunik bersedia meluangkan waktu untuk  menghadiri kegiatan Sosialisasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas,  ber awal dari harapan warga untuk  merebutkan suatu hadiah dalam pelaksanaan Sosialisasi Masal dalam bentuk Jalan Sehat yang diharap  dibawa pulang , bukan tujuan LKM dan TIPP PLPBK , tetapi memiliki tujuan bahwa ribuan warga Way Lunik  sadar kelak akan menghadapi masalah yang besar dalam kehidupan dilingkungan sekitarnya, selain salah satu  jumlah penduduk terbesar di Kota Bandar Lampung, masalah volusi lingkungan yang berada di kawasan pabrik industri, kawasan rawan bencana dan kepemilikian lahan sebagai tempat tinggal dan masalah sosial masyarakat yang menjadi icon warga way lunik menjadi terpuruk. 
Kegiatan mobilisasi warga dalam bentuk Perlombaan Jalan Sehat menjadi sukses, upaya untuk mengajak berpatisipasi dalam melakukan pembahuruan wilayah dalam pembangunan telah tersampaikan melalui sosialisasi masal yang diusung PLPBK Tahun 2014,peristiwa mobilisasi warga untuk ikut mendengarkan program dan tujuan PLPBK membutuhkan kreativitas dan kebijakan lokal sehingga tergalang  partisipasi dalam bentuk dana dan hadiah dari pengusaha – pengusaha lokal, kegiatan sosialisasi masal tersebut  digerakan oleh LKM Bersatu dan TIPP PLPBK Kelurahan Way Lunik serta di perkuat oleh Tenaga Ahli Pemasaran yang direkrut melalui sleksikompetensi oleh LKM Way Lunik Bersatu.

Disela kegiatan Jalan sehat yang sedang berjalan kelompok–kelompok kader Posyandu yang semangat mendukung PLPBK  ikut memeriahkan sosialisasi masal dalam bentuk Perlombaan Nasi Tumpeng dengan bentuk yang mencerminkan kawasan masa depan yang diimpikan warga Way Lunik Dalam kegiatan Kreasi Nasi Tumpeng mampu mencerminkan harapan kelompok kader–kader Posyandu Kelurahan Way Lunik menggambarkan Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup yang Asri dan adanya upaya sadar dan terencana, yang memadu  kanlingkungan hidup, termasuk sumberdaya, kedalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Kegiatan sosialisasi Masal merupakan rangkaian tahap persiapan PLPBK. Kegiatan tersebut di danai oleh BLM Tahap I PLPBK, kegiatan tersebut di anggarkan sebesar  Rp. 8.000.000,00. Dan atas kerja TIPP yang diperkuat oleh sentuhan Tenaga Ahli Pemasaran mendapatkan swadaya dari perusahan – perusahan lokal berupa Dana sebesar Rp. 2.500.000, dan perlengkapan Rumah Tangga serta Swadaya Hadiah berupa 2 unit sepedah dewasa oleh Pejabat Daerah Kota Bandar Lampung.

saat lampu yang menyala mulai padam, cahaya lampu  mulai menghilang. Tapi cahaya lilin  tetap menyertai Warga Kelurahan Way Lunik yang melakukan rembuk  persiapan pelaksanaan Sosialisasi Masal PLPBK. Semangat  Koordinator LKM (Bpk. Sahamid) menjadi modal awal untuk menghimbau TIPP melakukan kemitraan dengan  Perusahaan lokal untuk mensukseskan sosialisasi masal. Selama 7 tahun terlibat dalam Kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan belum pernah mengadakan event– event kreatif sebagai salah satu  cara menghadirkan ribuan orang  dalam kegiatan sosialisasi PLPBK, sehingga dari musyawarah tersebut disepakati kegiatan sosialisasi masal PLPBK dikemas dalam bentuk Jalan Sehat dan Lomba Kreasi Nasi Tumpeng, seluruh warga mengetahui tujuan PLPBK, sehingga Tim Inti Perencanaan dan Pemasaran (TIPP) mendapatkan harapan- harapan  warga secara menyeluruh dalam prilaku dan penataan lingkungan yang lebih baik  untuk menggali visi misi kelurahan.
Dengan dukungan penuh dari Pak Lurah Way Lunik menjadikan langkah awal kegiatan PLPBK menjadi Program Kelurahan untuk mengawal dan menggiring adanya perubahan kondisi lingkungan yang sehat dan yang terpenting dari harapan Pak Lurah dan tokoh masyarakat  adanya perubahan prilaku warganya untuk menjadikan manusia yang bermatabat yang selama ini dinilai penyebab hilangnya rasa kepedulian warga terhadap lingkungan nya dan faktor prekonomian dan pendidikan menjadi warga terkurung dari kemiskinan , hal tersebut  yang selama ini dipandang jauh lebih penting sebagai gerakan bersama seluruh tokoh masyarakat yang akan di usung oleh PLPBK di Kelurahan Way Lunik Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung.

Pelaksanaan Sosialisasi Masal PLPBK yang disenggarakan oleh LKM dan TIPP Kelurahan Way Lunik, bagaikan gemuruh ombak memecah batu karang, semua lapisan masyarakat dan aparat pemerintahan mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota bersatu dalam gemberiaan menyambut PLPBK. 
KM Way Lunik Bersatu melontarkan kepuasannya: Saya bangga dan ingin menangis melihat kehadiran warga saya berduyun duyun ikut hadir dalam acara ini, ujar Bpk. Sahamid pria seusia setengah abad.
Saya ingin kembali mengadakan acara–acara lain yang sifatnya mengajak masyarakat untuk merubah lingkungan dan kehidupan warga miskin agar bisa hidup senang berdampingan dengan pabrik–pabrik besar dan gudang–gudang perusahaan, yang selama ini warga way lunik sebagai buruh panggul dan buruh pabrik yang berada di wilayah Way Lunik 

PENULIS
Edi Kusmanto,SH
Askot Urban Planner  dan Askot CD
Kota Bandar Lampung

No comments:

Post a Comment

Blogger news