Sunday, May 24, 2015

Kemeriahan Sosialisasi Massal PLPBK Tambago



Dalam rangka Sosialisasi Massal Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kelurahan Tambago, pada Minggu, 24 Agustus 2014, panitia memiliki ide tersendiri demi kesuksesan dan meriahnya kegiatan tersebut. Sebelum acara dilakukan pelepasan balon sebagai tanda resminya kegiatan dilaksanakan dan masyarakat siap mendukung kegiatan PLPBK.
Masyarakat Kelurahan Tambago juga diajak untuk mentradisikan gerak jalan sehat mengelilingi Seluruh Kelurahan Tambago, sekaligus melihat bersama kondisi lingkungan seluruh RT/RW di Kelurahan Tambago. Gerak Jalan Sehat itu dilanjutkan dengan perlombaaan marathon 15 km untuk putra karang taruna, yang dilepaskan oleh PJOK Payakumbuh Utara Darwenis. Menyusul lomba lepas yang menghibur masyarakat, antara lain tarik tambang, lomba makan kerupuk, lomba lari membawa gulali dalam sendok, lomba memasukkan belut ke dalam botol.
Pada kesempatan itu Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah Ade Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan panitia yang hadir di acara Sosialisasi Massal PLPBK kali ini. "Hanya Allah yang kami harapkan untuk membalas pahala langkah gerak bapak, ibu para tamu yang hadir. Dan, terima kasih juga kepada panitia yang sudah bekerja keras menyelenggarakan acara ini demi kemajuan kelurahan kita, agar berubah wajah kelurahan kita dan tercapai cita-cita bersama Kelurahan Tambago yang tertata bersih, aman dan madani," katanya.
Lurah Tambago Einer Setia Budi menyampaikan hal senada. “Berkat kerja keras BKM Amanah, Kelurahan Tambago terpilih menjadi salah satu lokasi PLPBK. Terima kasih juga kepada seluruh warga Tambago yang begitu antusias mengikuti sosialisasi ini. Mudah-mudahan PLPBK di kelurahan kita bisa sukses sesuai harapan program dan bertambah pula kepercayaan pemerintah untuk menjalankan amanah pembangunan dan penanggulangan kemiskinan di Kelurahan Tambago ini. "Saya yakin, jika kita sukses dalam kegitan PLPBK maka akan ada lagi program-program yang lebih besar dalam penanggulangan kemiskinan bisa kita dapatkan. Khusus untuk PJOK Kecamatan Payakumbuh Utara dan Ninik Mamak Dt. Koto Nan Gadang Payakumbuh, terima kasih atas kehadirannya. Besar harapan kami kiranya Bapak dapat mendukung kesuksesan PLPBK di kelurahan yang kami cintai ini. Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini saya akan mengadakan lomba lingkungan sehat dan konsep penataan lingkungan untuk masing-masing RW,” paparnya.
Sementara itu, PJOK Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh menyampaikan rasa bangganya kepada Kelurahan Tambago. “Berkat PNPM Mandiri Perkotaan semua elemen masyarakat dapat menyatu dan bergandeng tangan melaksanakan pembangunan. Saya optimis masyarakat Tambago, yang dimotori BKM Amanah ini, mampu menyukseskan kegiatan PLPBK. Marilah kita sama-sama mengikuti aturan yang ada agar tepat sasaran dan berlanjut. Karena, semakin baik kinerja yang kita lakukan pasti kita merasakan kepuasan dan kebanggaan tersendiri, muncul dan timbul dalam hati kita selaku relawan yang sifatnya tidak diupah.
"Namun dari kinerja kita, demi kebaikan dan cita-cita kelurahan kita untuk mengubah tata permukiman yang teratur, bersih, aman dan asri. Karena Allah Maha melihat hambanya yang benar-benar memiliki hati yang ikhlas dalam perbuatannya," jelasnya, disambut tepuk tangan seluruh pengunjung.
Dalam acara Sosialisasi Massal ini Askot CD Koorkot 3 Payakumbuh Roni Satria mengatakan, kehadiran PLPBK sangat dinantikan oleh BKM dan LKM lain di seluruh Kota Payakumbuh khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya. "Tetapi tidak semuanya bisa mendapatkan PLPBK. Untuk mendapatkannya tentu dinilai dari kinerja BKM sebelumnya dan didukung dengan kerja keras BKM untuk mempersiapkan penilaian sesuai kriteria layak untuk mendapatkan Program PLPBK. Agar tidak sia-sia perjuangan kita selama ini, marilah kita jalin ikatan kerja sama dan dukungan semua pihak, baik pemerintah setempat maupun pihak swasta," ujarnya.
Menurut Roni, hal ini sudah dibuktikan oleh BKM Amanah bersama pemerintah setempat, swasta dan seluruh warga Tambago. "Untuk itu kami himbau kembali marilah sama-sama kita sukseskan PLPBK di kelurahan Tambago yang kita cintai ini,” tegasnya.
Usai itu, protokol meminta untuk PJOK Kecamatan Payakumbuh Utara untuk melepaskan balon yang bertuliskan "Sosialisasi Massal PLPBK Kelurahan Tambago", sebagai tanda resminya kegiatan PLPBK di Kelurahan Tambago dan sebagai tanda kesiapan instansi pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat menyesukseskan PLPBK. Sosialisasi Massal PLPBK ditutup dengan memanjatkan doa kepada Allah, SWT, diimami oleh Ustadz Yahya, yang mengharap diberikan hidup dan ilmu penuh dengan keberkahan, hidayah untuk menjalankan perogram PLPBK. ( OC 1 Sumbar )

No comments:

Post a Comment

Blogger news